Sitematika Penulisan

Makalah Sitematika Penulisan

Metodologi Penulisan Karya Ilmiah

Oleh Abdul Yassa

 

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

Karya ilmiah merupakan sebuah laporan tertulis dan dipublikasi yang merupakan hasil dari penelitian atau pengkajian oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Terdapat berbagai jenis karangan ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmiah.

Setiap penelitian bermula dari suatu permasalahan dan berakhirnya pada pemberian suatu jawaban atas permasalan yang ditelitinya. Untuk menjawab masalah penelitian tentunya memerlukan metode atau cara tertentu, dan dengan metodologi itu akan didapati jawaban-jawaban berupa hasil yang dapat ditarik suatu kesimpulan

1.2  Rumusan Masalah

Permasalahan yang dibahas dalam makalah antara lain :

  1. Pengertian sistem dan sistematika penulisan
  2. Sistematika penulisan karya ilmiah
  3. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan

 

 PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Sistem, Sistematika dan Karya Ilmiah

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani(sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atauenergi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat[1].

Sistematika merupakan suatu penjabaran secara deskriptif tentang hal-hal yang akan ditulis, yang secara garis besar terdiri dari bagian awal, bagian isi dan bagian akhir[2].

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan[3].

Jadi sistematika penulisan karya ilmiah adalah cara penyusunan dan penulisan suatu karya ilmiah dengan baik dan benar atau bisa disebut juga dengan penulisan dan penyusunan yang sesuai dengan aturan.

2.2 Jenis-jenis laporan penelitian ilmiah

Jenis laporan penelitian lazimnya dikaitkan dengan kelompok pembaca suatu laporan penelitian, secara garis besar dikenal dua jenis kelompok pembaca laporan penelitian yaitu kelompok masyarakat akademis dan kelompok masyarakat umum.

Laporan penelitian yang dikenal dengan sebutan skripsi, tesis dan disertasi termasuk jenis laporan penelitian yang dipersembahkan untuk masyarakat akademis, jenis laporan ini dituntut memenuhi patokan-patokan standar baik dalam hal bahasa, organisasi penyajian (uturan dan susunan bagian-bagiannya)dan teknis penulisannya (seperti cara mengutip, meulis daftar pustaka, menulis catatan kaki atau catatan samping, dan lain sebagainya) bahkan proporsi jumlah halaman untuk masing-masing bagian/isi laporan.[4]

 

Sedangkan laporan untuk konsumsi masyarakat umum (lembaga pemerintah atau swasta atau dipublikasikan melalui penerbitan umum) patokan-patokan standar tidaklah menjadi penting, pada hal ini yang perlu disajikan adalah dengan menggunakan bahasa yang popular dan komunikatif. Oleh karena itu apabila suatu karya ilmiah (skripsi,tesis atau disertasi akan dikomunikasikan untuk masyarakat umum hendaknya perlu dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih popular dan komunikatif [5].

2.3 Isi Format Penulisan Karya Ilmiah

A. Bentuk penulisan laporan karya ilmiah

Isi laporan karya ilmiah mempunyai empat bagian yang esensial, dari empat hal tersebut ada dua hal yang bisa ditulis setelah penelitian diselesaikan (pengolahan dan analisis) yaitu hasil penelitian dan kesimpulan penelitian. Sedangkan bagian tentang masalah penelitian dan metodologi penelitian dapat disusun setelah dirancang dan dirasakan oleh peneliti mencukupi.

Pada penelitian kuantitatif, bagian mengenai hasil penelitian dan kesimpulan hasil penelitian dengan sendirinya baru bisa disusun setelah selesainya tahap pengelolahan dan analisis data, sebab yang dilaporkan adalah hasil pengelolahan data dan analisis data itu sendiri.

Menurut Burhan Bungin dalam bukunya.[6]Ada dua format berbeda dalam laporan penelitian yaitu format laporan penelitian kuantitatif dan format laporan kualitatif

1. Bentuk/Format Laporan Penelitian Kuantitatif

Bagian Awal

Judul Penelitan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran

Bagian Inti

BAB I PENDAHULUAN

A). Latar Belakang Masalah, B). Rumusan Masalah, C).Kajian, D). Hipotesis, E). Definisi Konsep, E). Definisi Oprasional, F). Kepustakaan, G).Metodologi Penelitian (Lokasi Penelitian, Unit Analisis,  Populasi, Teknik Sampling, Sampel, Instrument Penelitian, Analisis Data)

BAB II  DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN

BAB III  PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA

BAB IV  PENUTUP

  1. Kesimpulan,
  2. Rekomendasi (Saran)

Bagian Akhir

Daftar Rujukan, Lampiran-lampiran

2. Format Laporan Penelitian Kualitatif

Bagian awal

Judul Penelitan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran

Bagian Inti

BAB I  PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Definisi Konsep
  5. Kepustakaan
  6. Metodologi Penelitian

Latar Penelitian, Teknik koleksi data, Instrumen Penelitian, Tahap-tahap, penelitian, Analisis Data, Teknik Keabsahan Data

BAB II  DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN

BAB III  PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA

BAB IV  PENUTUP

  1. Kesimpulan
  2. Rekomendasi (Saran)

Bagian Akhir

Daftar Rujukan, Lampiran-lampiran

2.4  Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Setiap lembaga pendidikan biasanya memiliki format penelitian yang berbeda, setiap karya ilmiah harus mencerminkan sifat dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Namun demikian pada umumnya sistematia penulisan laporan karya ilmiah mempunyai tiga bagian penting, yakni : a) bagian pendahuluan atau bagian muka; b) Bagian isi atau texs body of report; dan c) bagian penutup[7]. Berikut urutan bagian-bagian dalam penulisan karya ilmiah:

A. Bagian Awal

Lembar Sampul

Sampul berbentuk hard, teks lembar sampul berisi informasi judul, logo institusi kategori karya tulis dan tujuan penulisan dalam konsentrasi tertentu, nama penulis dan nomor induk mahasiswa, nama institusi dan tahun penyelesaian karya ilmiah tersebut.

Penulisan huruf menggunakan Times New Romansukuran 14 untuk judul, nama instansi dan tahun penyelesaian, ukuran 14 untuk nama penulis, NIM serta ukuran 12 untuk jenis karya ilmiah dan tujuan penulisan dalam program studi dan konsentrasi, seluruh teks disusun simetris tengah (center).

Halaman Judul

Komponen teks pada bagian ini sama persis dengan lembar sampul, bedanya pada jenis kertas dan halaman halaman judul dicetak dengan kertas biasa dengan disetai nomor halaman romawi.

Lembar Pernyataan (Statement)

Lembarpernyataan adalah keterangan yang ditanda tangani oleh mahasiswa, yang menyatakan bahwa karya ilmiah ini tidak memuat materi yangtelah pernah diajukan untuk pengajuan gelar akademik dilembaga yang sama maupun lembaga yang lain, dan materi yang telah dipublikasikan atau telah ditulis oleh orang lain.

Lembar Persetujuan Pembimbing

Berisi tentang bukti bahwa pembimbing sudah mengetahui dan menyetujui karya ilmiah penulis untuk di ajukan dalam siding munaqosah.

Lembar pengesahan persetujuan akhir tesis

Merupakan pernyataan bahwa karya ilmiah tersebut sudah diujikan dalam sidang munaqosah terbuka, dan telah diperbaiki sesuai dengan masukan tim penguji

Kata Pengantar

Berisi pernyataan penghargaan penulis kepada dosen pembimbing, dosen penguji, dosen-dosen lain yang terlibat dan pihak-pihak yang berjasa dalam penyelesaian penulisan karya ilmiah.

Daftar isi

Bagian ini memuat susunan bab atas semua garis besar semua bagian sesuai urutan penulisan mulai dari abstrak sampai lampiran

Daftar gambar, tabel dan simbol (jika ada)

Pedoman Translitrasi

Dalam penulisan karya ilmiah, khususnya yang berbahasa Indonesia, acuan translitasi (alih aksara) harus dilakukan secara konsisten.Pada lembar ini berisi daftar padanan aksara arab kedalam aksara latin yang berlaku di suatu lembaga[8]

Abstrak

Abstrak adalah suatu sinopsis yang menggambarkan isi keseluruhan laporan Tugas Akhir atau tesis yang meliputi tujuan penelitian, metode dan temuan-temuan penelitian. Abstrak ditulis dalam satu spasi dan tidak lebih dari 500 kata [9].

B.  Bagian isi/utama

Format bagian isi dalam laporan karya ilmiah berbeda-beda ada yangterdiri dari tiga bab, empat bab, lima dan bahkan sampai tujuh bab[10]

Bagian utama karya ilmiah (tesis) adalah bagian yang memuat unsur-unsur utama dari isi karya ilmiah, selain dari pendahuluan pembahasan dan kesimpulan dalam berbentuk bab.

Pendahuluan

Bagian yang berisi latar belakang, identifikasi dan batasan masalah, maksud dan tujuan, metodologi, lokasi penelitian dan sistematika

Pembahasan

Berisi penjelasan tentang hasil pendefinisian kebutuhan dari permasalahan yang dijadikan topik suatu karya ilmiahberikut pemodelannya.

Simpulan dan Saran

Berisi kesimpulan (hasil yang berhasil diselesaikan sesuai ruang lingkup batasan masalah) dan saran (terhadap masalah yang belum terselesaikan sebagai pengembangan dan perbaikan-perbaikan) tentang suatu kasus penelitian

C.  Bagian Akhir

Referensi

Memuat rincian karya-karya yang dikonsultasikan atau dijadikan rujukan dalam studi referansi juga menyajikan materi-materi tertentu yang perlu dibaca untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang studi yang dilakukan.

Referensi diletakan di bagian ahir teks dan merupakan bagian integral dari suatu karya ilmiah.

Contoh penulisan referensi :

Satu Pengarang

Budiono. 1982. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Friedman. 1990. M. Capitalism and Freedom. Chicago : University of    Chicago Press.

Dua Pengarang

Cohen, Moris R., and Ernest Nagel. 1939. An Introduction to Logic and Scientific Method. New york: Harcourt

Nasoetion, A. H., dan Barizi. 1990. Metode Statistika. Jakarta: PT.   Gramedia

Tiga Pengarang

Heidjrahman R., Sukanto R., dan Irawan. 1980. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.

Nelson, R.., P. Schultz, and R. Slighton. 1971. Structural change in a Developing Economy. Princeton: Princeton University Press.

Lampiran-lampiran

Lampiran digunakan untuk memuat data orisinal atau tabel yang memuat bukti-bukti pendukung hasil pengujian yang telah dilakukan, masing-masing lampiran satu sama lain harus terpisah dan dinyatakan pada daftar isi

2.5 Unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam penulisan

Segi-segi teknis penulisan laporan karya ilmiah bisanya berkaitan dengan tata tulis yang perlu diindahkan dalam penulisan laporan penelitian, tata tulis tersebut lazimnya sudah sangat teknis misalnya bagaimana menulis halaman judul, menulis daftar tabel atau daftar gambar, bagaimana tata aturan dalam mengutip dan menunjukan catatan, bagaimana membuat daftar pustaka, bagaimana menulis judul table atau judul gambar, bagaimana ukuran dan jenis kertas yang boleh dipergunakan dan lain sebagianya.

Hendaknya perlu diperhatikan juga :

  1. Pembaca, laporan penelitian juga harus memperhatikan siapa yang menjadi sasaran penting dari hasil penelitian. Hal ini harus diperhatikan karena peneliti dalam membuat laporan memperhatikan siapa yang diharapkan akan menjadi pembaca utamanya dari laporan yang dibuatnya, ini bukan berarti peneliti tidak objektif, tetapi berkaitan dengan penggunaan bahasa yang diharapkan dengan mudah difahami bagi pembaca.
  2. Waktu, laporan penelitian harus memperhatikan waktu yang tepat, masalah waktu dapat menjadi tolok ukur baik tidaknya hasil penelitian
  3. Kerahasiaan sumber informasi, menjaga sumber informasi untuk tidak diketahui oleh pembaca merupakan hal yang hendaknya tetap dirahasiakan oleh peneliti. Dalam penelitian kulitatif walaupun nama tempat, maupun sumber informasi sudah diubah namun hendaknya cara-cara untuk menghindari diketahuinya sumber informasi tetap diperhatikan oleh peneliti, apalagi kalau jelas-jelas sumber informasi minta identitasnya tidak muncul dalam laporan penelitian, nama-nama sumber informan dapat dimunculkan kalu memang dituntut untuk itu terutama sumber data sekunder[11].
  4. Jumlah halaman, jumlah halaman atau tebal tipisnya laporan hasil penelitian tidak selamanya menunjukan kwalitas dari hasi penelitian. Dengan demikian peneliti tidak memaksakan untuk menambah jumlah halaman dengan alas an agar penelitiannya lebih kelihatan berkwalitas.
  5. Setiap halaman pada karya ilmiah/tesis diberi nomor halaman, namu demikian tidak semua halaman ditampilkan pada print out, nomor halaman untuk bagian pembuka menggunakan angka romawi (i, ii, iii …) dan nomor halaman untuk bagian utama (teks) menggunakan angka arab (1, 2, 3 …) semua nomor halaman dicantumkan pada pojok kanan atas.

 

Penulisan karya iliah yang baik lazimnya mengikuti ketentuan tertentu yang dikeluarkan atau diberlakukan oleh suatu lembaga ilmiah dimana penelitian itu dilakukan. Oleh karenanya pedoman tata tulis laopran penelitian perlu difahami dan dimengerti oleh peneliti.

 

 

SIMPULAN

 

  1. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan sistematika penulisan karya ilmiah adalah cara penyusunan dan penulisan suatu karya ilmiah dengan baik dan benar atau bisa disebut juga dengan penulisan dan penyusunan yang sesuai dengan aturan karya ilmiah.
  2. Format penulisan laporan setiap karya ilmiah tidaklah jauh berbeda antara satu instansi dan istansi lainnya dan pada umumnya format penulisan laporan harus mengikuti aturan yang berlaku dari institusi tersebut.
  3. Perlu diindahkan dalam penulisan laporan yang lazimnya sudah sangat teknis misalnya bagaimana menulis halaman judul, menulis daftar tabel atau daftar gambar, mengutip, membuat daftar pustaka dan lain sebagianya

DAFTAR PUSTAKA

Bungin Burhan. 2011. Metodologi penelitian kualitatif (akualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer), Jakarta : PT Rajagrafindo.

Furchan, Arief.2004., Pengantar Penelitian Dalam Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faisal Sanapiah.2001,. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kailani.2010,. Pedoman Penulisan Makalah dan Skripsi. Palembang, Palembang: IAIN Raden Fatah.

Sarbiran.2001,.Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: MSI.

Sanjaya. MSPH Dr. dan Heriyanto Abertus. 2011,. Panduan Penelitian edisi Revisi,Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sanjaya Wina, Prof, Dr.2013.,Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur, Jakarta : Kencana.

Narbuko Cholid dan Ahmadi Abu.1997.,Metodologi Penelitian,Jakarta : Bumi Aksara.

Rusli, Ris’an, Prof, Dr dkk. 2012.,Panduan Penulisan Karya Ilmiah, Palembang: Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang.

SUMBER INTERNET :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/karya_ilmiah
  2. http://rinibanget.blogspot.com/2013/06/makalah-sistematika-karya-ilmiah.html
  3. http://www.dunianaeta.com/2012/09/sistematika-penyusunan-karya-ilmiah.html


[4] Faisal Sanapiah, Format-Format Penelitian Sosial, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001) h. 260

[5] http://www.dunianaeta.com/2012/09/sistematika-penyusunan-karya-ilmiah.html

[6]Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2011) h.246-248

[7] Sanjaya Wina,  Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur, (Jakarta : Kencana, 2013). h.298

[8] Rusli, Ris’an, dkk,. Panduan Penulisan Karya Ilmiah, Palembang: Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, 2012 h. 19

[9] Rusli, Ris’an, dkk,. Panduan Penulisan Karya Ilmiah, Palembang: Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, 2012 h. 19

[10] Sanjaya Wina,  Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur, Jakarta : Kencana, 2013 h.300

[11]Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif  (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2011) h.246-245

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s