Contoh Abstrak Skripsi PAI

Abstrak

Mahsunah, …………. Implementasi Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 4 Sungai Rotan.

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 4 Sungai Rotan. Serta masih banyaknya siswa yang kurang mampu dalam memahami materi PAI adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar PAI dan untuk mengetahui penerapan metode Jigsaw pada pembelajaran PAI di kelas V SD Negeri 4 Sungai Rotan. Landasan teori yang digunakan oleh penulis dalam meningkatkan prestasi belajar PAI meliputi prestasi belajar, pembelajaan Pendidikan Agama Islam di SD, dan metode pembelajaran. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V SD Negeri 4 Sungai Rotan yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, tes dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan presentase, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar PAI dan proses pembelajaran pada siklus I diperoleh 57,14 %, siklus II 85,71 %, dan pada siklus III mencapai 97,14 %. Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I diperoleh 71,57, siklus II meningkat menjadi 73,31 dan pada siklus III mencapai 83,60. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan penerapan Metode Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa.

Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa meningkat setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw. Berdasarkan kesimpulan ini, maka disarankan agar pembelajaran dapat berjalan maksimal harus disertai dengan berbagai metode pembelajaran sehingga akan memotivasi siswa untuk lebih menggali potensi yang ada pada dirinya dan memudahkan siswa untuk dapat memahami materi dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s